PELAYANAN UNTUK MAHASISWA

  1. Bantuan tutorial yang bersifat akademik

Bentuk tutorialnya adalah: bimbingan praktikum, bimbingan magang, bimbingan tugas penelitian, dan bimbingan tugas perancangan pabrik kimia. Hasilnya sebagai berikut:

  • Bimbingan Praktikum

Bentuk bimbingan praktikum di Laboratorium Kimia Dasar dan Laboratorium Operasi Teknik Kimia yang tertuang dalam dokumen Daftar Konsultasi Praktikum. Bimbingan dilakukan minimal 2 kali.

Gambar C.13. Kegiatan bimbingan praktikum proses produksi

  • Bimbingan Magang Industri

Bentuk kegiatan memantau dan membimbing kegiatan magang mahasiswa di industri yang tertuang dalam Lembar Bimbingan Magang Industri dengan FM-POLNES-07-008/R00.

Gambar C.14. Kegiatan bimbingan magang industry

  • Bimbingan Tugas Penelitian

Bentuk kegiatan membimbing mahasiswa Tugas Penelitian pada semester VII, pelaksanaan minimal 10 kali untuk pembimbing 1 dan 5 kali untuk pembimbing 2. Hasilnya tertuang dalam Formulir Bimbingan Penelitian FM-POLNES-06-01-02/R01.

Gambar C.15. Kegiatan bimbingan tugas penelitian

  • Bimbingan Tugas Perancangan Pabrik Kimia

Bimbingan Tugas Perancangan Pabrik Kimia yang dilaksanakan pada semester VIII dengan jumlah bimbingan minimal 10 kali untuk pembimbing 1 dan 10 kali untuk pembimbing 2. Hasilnya tertuang dalam Formulir Bimbingan Tugas Perancangan Pabrik Kimia FM-POLNES-06-02-02/R01.

Gambar C.16. Kegiatan bimbingan tugas perancangan pabrik kimia

  • Informasi dan bimbingan karir

Politeknik Negeri Samarinda memilki UPT Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa (P2KM) untuk aktif memberikan informasi lowongan kerja baik di pemerintah/industri kepada seluruh jurusan lewat laman http://www.polnes.ac.id/, kemudian jurusan meneruskan pengumuman tersebut kepada mahasiswa dan alumni melalui SMS, WA, Email atau grup Facebook IKA alumni Jurusan Teknik Kimia.Unit ini juga telah rutin mengadakan acara Job Market Fair (JMF) yang dilaksanakan setiap bulan Oktober.

Sedangkan kegiatan bimbingan karir dilakukan dalam bentuk Pelatihan Softskill dan Kewirausahaan Mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan secara berkala yang dikoordinir oleh Bagian Kemahasiswaan Polnes dibawah arahan Wadir III. Untuk kegiatan softskill yang diadakan jurusan, mini workshop pembekalan calon alumni telah dilaksanakan dari tahun 2016 – sekarang. Jurusan mengundang praktisi dibidang psikologi dengan area kerja meliputi Assesor, Konselor, Trainer, yaitu: Ibu Adela Setyawati, S.Psi untuk memberikan workshop pembekalan dengan materi:

  1. Tips interview
  2. Tips psikotes

Gambar C.17. Mini workshop pembekalan mahasiswa calon alumni

  • Konseling pribadi dan sosial

Bentuk kegiatan pemberian bimbingan mahasiswa oleh dosen wali, pelaksanaan pemberian bimbingan minimal 4 kali per semester. Materi konsultasi meliputi kegiatan PBM, sarana dan prasarana, ekstrakurikuler, masalah pribadi, dll. Hasilnya tertuang dalam Kartu Konsultasi Mahasiswa.

Gambar C.18. Kegiatan bimbingan dosen wali

Selain dosen wali, mahasiswa juga dapat berkonsultasi dengan Pembina Mahasiswa yang telah ditunjuk oleh jurusan yaitu: Ibu Fitriyana, S.Si., M.Si.

Gambar C.19. Kegiatan bimbingan masalah pribadi dan social