Kompetensi

Secara ringkas Kompetensi Utama lulusan sesuai Capaian Pembelajaran Kurikulum :

  • Mampu menerapkan prinsip matematika, sains alam, dan prinsip rekayasa proses ke dalam prosedur dan praktek untuk menyelesaikan masalah rekayasa terapan pada sistem proses kimia
  • Mampu mengidentifikasi, melakukan penelusuran referensi / standar / codes / database, memformulasikan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah teknik kimia dengan memperhatikan faktor-faktor efisiensi dan efektifitas serta aspek kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L)
  • Mampu merancang sistem proses kimia yang memenuhi kebutuhan spesifik dengan pertimbangan faktor-faktor efisiensi dan efektifitas, serta aspek kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L)
  • Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang mengacu kepada metode dan standar industri
  • Mampu mengelola sumber daya secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja atau mutu proses kimia melalui pengujian, pengukuran obyek kerja, analisis, dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar
  • Mampu menggunakan teknologi terkini dalam melaksanakan pekerjaan

Secara ringkas Kompetensi Pendukung lulusan sesuai Capaian Pembelajaran Kurikulum :

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan pekerjaan spesifik, di bidang rekayasa kimia, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja;
  • Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang rekayasa kimia untuk menghasilkan prototype, prosedur baku atau rancangan / desain serta menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja dan sepesifikasi desainyang diunggah dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain serta persyaratan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya;
  • Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Secara ringkas Kompetensi lainnya sesuai Capaian Pembelajaran Kurikulum :

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

           Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.